web stats

Jumat, 08 April 2016

KOLONIALISME DAN IMPERIALISME

Pengertian dan Bentuk Kolonialisme dan Imperialisme


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo kawan! Akhirnya bisa ketemu lagi sama Arif nih,
Udah tau apa yang mau dibahas sama Arif sekarang?
Kalau belum tau kali ini Arif bahas ngebahas tentang Kolonialisme dan Imperialisme
Ngomong-ngomong postingan ini itu masih berhubungan dengan postingan sebelumnya loh,
Langsung aja cekidot...


Kolonialisme

Pengertian

Koloni berasal dari bahaa latin yaitu colonia/colonus yang artinya tanah pemukiman (Jajahan). Jadi koloni berarti pemukiman suatu negara di luar wilayah negaranya yang kemudian dinyatakan sebagai bagian wilayahnya.

Kolonialisme berarti suatu usaha penguasaan untuk mengembangkan atau memperluas kekuasaan suatu negara atau wilayah di luar negara atau wilayahnya itu sendiri. Penguasaan daerah tersebut umumnya dilakukan secara paksa untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bagi negara induk atau negara yang menjajah (Motherland) dengan cara mendominasi atau menguasai sumber daya, manusia, maupun perdagangan di daerah yang dijajah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.

Bentuk - Bentuk

1. Koloni Ekploitasi, merupakan penguasaan suatu wilayah untuk dikuras kekayaan alam dan tenaga penduduknya secara paksa atau kerja rodi untuk kepentingan negara yang melakukan kolonialisme. Contoh: Bangsa Indonesia yang dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 3,5 Abad.

2. Koloni Penduduk, merupakan penguasaan suatu wilayah baru dengan cara menyingkirkan penduduk asil yang digantikan oleh pendatang yang menyebabkan kedudukan pribumi terabaikan. Contoh: Suku Indian.

3. Koloni Deportasi, merupakan daerah koloni yang digunakan sebagai tempat buangan narapidana yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah. Mereka kebanyakan para kriminal yang mendapat hukuman seumur hidup, yang dimana mereka harus menjadi tenaga kerja tanpa dibayar. Contoh: Penjara - penjara Prancis di Kepulauan Pasifik.

4. Koloni Sekunder, merupakan tanah koloni yang tidak menguntungkan, tapi tetap dipertahankan karean memiliki kepentingan strategis.

5. Koloni Penunjang, merupakan kota pelabuhan atau pulau kecil unutk pembangunan pangkalan militer. 

Imperialsime

Pengertian

Imperialisme berasal dari bahasi latin yaitu imperium yang artinya memerintah. Imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan untuk memperluas kekuasaan suatu negara di negara lain yang dikuasainya yang dilakukan dengan cara membentuk suatu pemerintahan di daerah jajahan dengan menanamkan pengaruh dan mengendalikan daerah jajahan di segala bidang kehidupan.

Bentuk - Bentuk

1. Berdasarkan Waktu

- Imperialisme Kuno, muncul sekitar tahun 1500 M. Berlangsung padazaman kuno sampai zaman pertengahan. Imperialisme ini lebih menekankan pada perluasan wilayah yang dilakukan suatu negara terhadap negara atau daerah lain. Imperialisme kuno mempunya semboyan 3G yaitu Gold(Kekayaan), Glory(Kejayaan), dan Gospel(Agama). Contohnya yaitu Spanyol dan Portugis yang melakukan penjelajahan samudra lalu menguasai daerah baru, mengumpulkan kekayaan, dan menyebarkan agama oleh para misionaris yang turut dalam pelayaran itu,

- Imperialisme Modern, berlangsung pada awal terjadinya Revolusi Industri (1500 M) sampai akhir Perang Dunia II (1945). Tujuan Imperialisme ini didasari keinginan negara penjajah untuk mengembangkan perekonomiannya. Mereka membangun industri secara besar-besaran yang memerlukan bahan mentah serta daerah untuk memasarkan hasil industrinya. Hal ini menyebabkan adanya usaha untuk mencari daerah jajahan. Negara yang menjadi pelopor imperialisme modern ini adalah Inggris (Sebagai pelaksana Revolusi Industri).

- Imperialisme Ultramodern (Neoimperialisme). Tujuan imperialisme ini lebih menekankan pada penguasaan mental, ideologi, dan psikologi. Imperialism ini berlangsung setelah Perang Dunia II sampai dengan sekarang.

2. Berdasarkan Tujuan Penguasaan

-  Imperialisme Politik bertujuan untuk menguasai kehidupan politik suatu negara yang tersembunyi melalui bentuk protektorat dan mandotorium.

- Imperialisme Ekonomi bertujuan untuk menguasai perekonomian suatu negara terhadap negara lain.

- Imperialisme Kebudayaan bertujuan menguasai mentalitas dan jiwa suatu bangsa. Imperialisme ini sulit diketahui dan dirasakan.

- Imperialisme Militerjuan menguasai daerah negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata

Nah udah selesai nih info dari Arif.
Semoga bermanfaat ya
Sampai ketemu lagi Kawan!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber:
http://atariqb.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-kolonialisme-dan.html
http://pengayaan.com/perbedaan-kolonialisme-dan-imperialisme-serta-contohnya/
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-serta-perbedaan-kolonialisme-dan-imperialisme/
http://iwak-pithik.blogspot.co.id/2011/12/pengertian-kolonialisme-dan.html
https://mayakrokok.wordpress.com/2013/05/02/imperialisme-dan-kolonialisme-di-indonesia/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar