web stats

Jumat, 08 April 2016

Kongsi dan Fungsi Dagang

 Kongsi dan Fungsi Dagang Inggris, Spanyol, dan Portugis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Wah akhirnya bisa ketemu lagi Kawan sama Arif,
Masih berkaitan dengan postingan sebelumnya,
Kali ini Arif bakal ngebahas tentang kongsi - kongsi dagang negara negara di eropa
yaitu Inggris, Spanyol, dan Portugis.


1. East Indian Company


Yang pertama ada East Indian Company (Atau lebih lengkapnya British East Indian Company) biasa disingkat EIC. EIC merupakan kongsi dagang milik Inggris. Kongsi dagang ini sering disebut dengan John Company. EIC merupakan sebuah perusahaan saham gabungan dari para investor yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth I pada tanggal 31 Desember 1600 dengan tujuan untuk menolong hak perdagangan di India. Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh pedagangan di Hindia Timur. Perusahaan berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah di India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan sampai pembubarannya pada tahun 1858.

Fungsi perdagangan yang dilakukan oleh Inggris antara lain:
- Pengadaaan hubungan dengan EIC pada abad ke - 16. seperti dengan Aceh, Jayakarta, Banjar, Gowa, dan Maluku. Karena ketidakmampuannya Inggris bersaing dengan Belanda, dengan kekuatan militer dan kemampuannya mempengaruhi penguasa setempat, armada dagang Belanda membuat Inggris perlahan-lahan tersingkir dari kawasan perdagangan di Indonesia.
- Penanaman pengaruh oleh EIC dalam perdagangan Asia. Pada tahun 1612, EIC dapat mengusir Portugis dari India dan Inggris pun dapat membangun kota dagang di Madras, Kalikuta, dan Bombay yang terletak pada jalur lalu linta perdagangan mancanegara. Dengan menguasai India, EIC memegang kendali perdagangan di Teluk Persia, Asia Selatan, dan Asia Timur.

2. Spanish East Indies

Spanish East Indies merupakan kongsi dagang milik Spanyol. Organisasi ini merupakan sebuah Imperium Spanyol di wilayah Asia yang meliputi Kepulauan Filipina, Guam dan Kepulauan Mariana, Kepulauan Caroline (Pulau dan Negara Federasi Mikronesia), bagian dari Formosa (Taiwan) dan Maluku.

Fungsi perdagangan yang dilakukan Spanyol antara lain:
- Pencarian kekayaan termasuk perdagangan
- Penyaluran jiwa penjelajah
- Meyakini keberadaan Prester John 
- Penyebaran Agama
- Pencarian kemuliaan bangsa

3. Potuguese East Indian Company


Portuguese East Indian Company merupakan kongsi dagang Portugis. Kelompok dagang ini digagas oleh Raja Philip II dan berdiri pada bulan Agustus 1648 dengan nama Companhia do commércio da Índia (Companhia da Índia Oriental). Kongsi dagang ini memiliki tujuan untuk menjaga perdagangan Portugis di India. Namun kongsi dagang ini tidak berjalan dengan baik.

Fungsi perdagangan yang dilakukan Portugis antara lain:
- Penguasaan jalur perdagangan penting di Asia, termasuk perdagangan rempah-rempah.
- Menjadikan Malaka sebagai batu loncatan unutk menguasai perdagangan rempah di Malaka. Olej karena itu Portugis membangun basisi militer yang kuat di Malaka.
- Pengambilan keuntungan dari perselisihan dari persaingan daerah untuk memperkuat kedudukannya.

Nah begitulah penjelasan singkat dari Arif Kawan
Semoga bermanfaat ya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber:
http://sejarah103-12.blogspot.co.id/2015/04/kongsi-kongsi-dagang-negara-eropa.html
http://izzunnafis.blogspot.co.id/2016/04/fungsi-dibentuknya-kongsi-dagang.html
https://dapul.wordpress.com/2016/04/09/penjelajahan-samudra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar