web stats

Kamis, 24 November 2016

Gerakan Non Blok

Masih Relevankah Eksistensi GNB?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai kawan, ini Arif ni mau berbagi informasi lagi
Kali ini tenang Gerakan Non Blok atau GNB,
Biar ga lama-lama langsung aja kali yak, cekidooott...

Gerakan Non Blok

Oke, Gerakan Non Blok atau lebih sering dikenal dengan GNB secara singkatnya adalah sebuah gerakan yang didirikan pada tahun 1961. GNB sendiri pada saat itu merupakan perkumpulan atau wadah daripada negara-negara yang tidak memihak pada Kubu Barat ataupun Kubu Timur yang pada saat itu sedang ramai-ramainya terjadi perang dingin diantara dua pihak tersebut. 

Negara-negara yang ada dalam GNB juga merupakan negara yang memiliki perasaan senasib karena merupakan negara-negara jajahan bangsa barat. Mereka memiliki satu visi atau tujuan bahwa mereka tidak memihak kepada siapapun dan selalu berusaha untuk mewujudkan perdamaian dunia. GNB masih eksis sampai sekarang. Sekretaris Jendralnya adalah Hassan roussani dari Iran dan terakhir mengadakan KTT di Venezuela pda tahun 2015.

Eksistensi GNB

Dari penjelasan sebelumnya GNB didirikan pada awalanya berlatar Perang Dingin. Dan sudah kita ketahui juga bahwa perang dingin sudah berakhir tepatnya sejak tahun 1991. Lalu bagaimanakah kabar GNB? Apa nasib mereka sekarang dan apa yang dilakukan? Masih relevankah eksistensi GNB itu sendiri? Mari kita diskusikan bersama-sama.

Sebagai salah satu bangsa pendiri GNB di sejarahnya, tentu saja Indonesia haruslah dapat membuktikan bahwa GNB masih relevan pada masa sekarang ini. Dunia sekarang ini masih dilumuti oleh kemiskinan, keterbelakangan sosial, kemelorotan mental, kesenjangan ekonomi dan pembangunan, lemahnya sistem politik, bahkan sebenarnya banyak saudara-saudara dan teman-teman kita di belahan dunia yang berlainan masih belum bisa merasakan artinya kedamaian karena perang yang berkecamuk.

Maka sebenarnya tujuan atau visi awal yang dimiliki dari GNB masih belum seluruhnya terwujud. Inilah yang menjadi tantangan baru bagi GNB itu sendiri. selain itu masih banyak negara-negara yang terus menerus masuk mengikuti gerakan ini. Dan sepertinya anggota yang ada semangat untuk bergotong royong menyelesaikan seluruh permasalahan ini bersama-sama. Oleh karena pergolakan dunia yang sepertinya akan terus-menerus terjadi, maka eksistensi Gerakan non Blok masih relevan dengan zaman sekarang.

Ya, oke, gimana kawan? Seru kan?
Semoga bermanfaat ya, Arif undur diri lagi nih,
Sampai ketemu lagi kawan, 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/05/26/lls8ql-gerakan-nonblok-masih-relevan-saat-ini
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/222355-gerakan-non-blok-bergerak-sesuai-zaman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar